Selasa, 06 Januari 2009

Ahhhrrrrr, Aku MINDER!!!!

Beberapa hari ini, aku terlihat sangat murung, sering merenung, cendrung berdiam diri. Tau kenapa????? Karena aku terkena "sindrom minder". Sebenarnya, apa sih Minder ini????

Minder adalah sebuah perasaan tertekan. Perasaan tidak memiliki apa-apa, perasaan pesimistis tidak dapat melakukan apa-apa. Intinya minder adalah sebuah penderitaan! Rasa minder yang tervisualisasikan dari prilakunya individu merupakan repsensentasi dari persepsi dan cara pandang yang salah terhadap objeknya. Hal ini yang membuat saya terus berpikir untuk bisa menemukan akar permasalahannya sehingga bisa menemukan solusinya. Proses pemikiran tersebut sampai menemukan sebuah penjelasan yang lain dengan di atas, rasa inferior atau rendah diri muncul pada pribadi yang tidak mempunyai konsep diri yang bagus. Menurut Adi W Gunawan, konsep diri terdiri dari beberapa komponen yaitu diri ideal, cermin diri, dan harga diri.
Diri ideal akan menunjukan siapa sebenarnya sosok ideal yang ada dalam kehidupan kita. Sosok ideal bisa di visualisasikan sebagai sosok yang paling dikagumi. Sebagai contoh kita bisa mengadopsi tokoh ideal pahlawan, tokoh terkemuka, artis, pengusaha atau bahkan sosok yang imajiner. 
Cermin diri merupakan gambaran penilaian kita terhadap diri kita sendiri. Ini terkait dengan bagaimana kita mampu mengenal diri sendiri. Pengenalan diri sangat penting untuk mengukur sejauh mana posisi kita berada untuk mencapai posisi yang diinginkan (diri ideal).
Harga diri merupakan gambaran tentang sejauh mana kondisi kita yang sekarang (cermin diri), lalu dibandingkan dengan suatu kondisi yang ingin kita capai suatu saat nanti (diri ideal). Perbandingan diantara keduanya itulah nilai harga diri kita. Semakin sedikit perbedaan antara diri ideal dengan cermin diri, maka harga diri seseorang akan semakin baik, begitu pula sebaliknya. 
Ketiga komponen inilah yang penting dalam konsep diri, kalau ketiga komponen ini baik maka konsep dirinya juga baik. Untuk menuju ke sana tentunya dibutuhkan sebuah proses yang tidak sebentar. Hal itu juga harus ditambah dengan penanaman nilai-nilai atau prinsip-prinsip yang benar dan harus kita pegang. Sehingga dengan dengan adanya sebuah nilai-nilai yang dianut maka akan membuat anda menjadi sosok dan pribadi yang kuat. Akhirnya kalaupun ada virus mental (rasa minder) yang akan menyerang, maka anda sudah siap dengan anti virusnya yaitu konsep diri yang kuat dan penanaman nilai-nilai yang mengakar dalam diri.

Semoga anda akan terbebas dari sindrom yang satu ini!!!!

(nasehat seorang sahabat:"ketika kita melakukan sesuatu yang kita pikir tidak bisa lalu ternyata kita salah itu akan lebih terhormat daripada gak melakukan apa-apa sama sekali")

 

4 komentar:

  1. hohoho...
    dah gak minder lagi kan, ji?

    BalasHapus
  2. iya, ya
    berkat opie juga mah
    haghaghag.......

    BalasHapus
  3. uji lihat tampilan baru blog za ya...
    tambah keren kan....
    makasih ya,,,,,support na slama ne....
    sering2 aja kunjungi blog orla...
    pasti blog uji bisa rating na naik
    ke sohib

    BalasHapus
  4. haghaghag...
    jadi terharu...
    tuh kan, berkat opie...
    *narcosm mode:ON*

    BalasHapus